Nama : Juwita Fatma Sari
Npm : 13211894
Kelas : 3A26
PERILAKU
KONSUMEN
1)
Perilaku
konsumen dan cakupan ilmu perilaku konsumen
2)
Dapat
menunjukan dengan benar siapa sebenarnya yang di maksud dengan konsumen dan apa
yang menjadi ciri ciri konsumen.
3)
Menjelaskan
kekuatan utama yang dapat mempertajam penelitian tentang konsumen
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika
seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan
hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang
berharga jual rendah (low-involvement)
proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga
jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan
dengan pertimbangan yang matang.
Perilaku
konsumen ini didasarkan pada Teori Perilaku Konsumen yang menjelaskan bagaimana
seseorang dengan pendapatan yang diperolehnya, dapat membeli berbagai barang
dan jasa sehingga tercapai kepuasan tertentu sesuai dengan apa yang
diharapkannya.
Model
perilaku konsumen pada masa masa yang lalu, para pemasar dapat memahami para
konsumen melalui pengalaman penjualan sehari hari kepada mereka. Namun,
pertumbuhan dalam ukuran pemasaran dari kontak langsung dengan para pelanggan.
Para manager harus semakin tergantung kepada riset konsumen untuk memperoleh
jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kunci di setiap pasar.
Pengertian Konsumen
adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam
masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun
makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Konsumsi adalah suatu
kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatubarang dan
jasa dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Ciri-ciri
konsumen menurut
kotler (2000) :
a.
Loyal terhadap produk
Konsumen yang pas cenderung loyal
dimana mereka akan membeli ulang dari produsen yang sama.
b. Adanya
komunikasi dari mulut ke mulut yang bersifat positif
Komunikasi dari mulut ke mulut (Word
of Mouth Communication) yang bersifat positif yaitu rekomendasi kepada calon
konsumen lain dan mengatakan hal-hal yang baik mengenai produk dan perusahaan
c. Perusahaan
menjadi pertimbangan utama ketika membeli merek lain ketika konsumen ingin
membeli produk yang lain, maka perusahaan yang telah memberikan kepuasan
kepadanya akan menjadi pertimbangan yang utama.
Pendekatan dalam meneliti perilaku
konsumen
Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti
perilaku konsumen.
1) Pendekatan pertama adalah pendekatan
interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku
konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui wawancara
panjang dan focus group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan
apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
2) Pendekatan
ke dua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi
kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi.
Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan
perilaku dan pembuatan keputusan konsumen. Studi dilakukan melalui eksperimen
dan survei untuk menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana
seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh
lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
3) Pendekatan
ke tiga disebut sebagai sains pemasaran yang didasari pada teori dan metode
dari ilmu
ekonomi dan statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan
dan menguji coba model matematika berdasarkan hierarki kebutuhan manusia menurut Abraham
Maslow untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan
pola konsumsi, yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis.
Ketiga
pendekatan sama-sama memiliki nilai dan tinggi dan memberikan pemahaman atas
perilaku konsumen dan strategi marketing dari sudut pandang dan tingkatan
analisis yang berbeda. Sebuah perusahaan dapat saja menggunakan salah satu atau
seluruh pendekatan, tergantung permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut.
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://softskillperilakukonsumen.blogspot.com/2010/10/pengertian-perilaku-konsumen.html
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/06/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html
Kotler, Philip dan A.B. Susanto. 1999. Managemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.
Prof. Dr. THAMRIN ABDULLAH, M.M., M.Pd.
Dr. FRANCIS TANTRI, S.E., M.M.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar